Sekilas Pengertian Hilal

Sekilas Pengertian - Hilal adalah  bulan sabit muda pertama yang dapat dilihat setelah terjadinya konjungsi (ijtimak, bulan baru) pada arah dekat matahari terbenam yang menjadi acuan permulaan bulan dalam kalender Islam.


Hilal juga biasa ditentukan untuk menetapkan 1 syawal dalam kalender Islam. Biasanya hilal diamati pada hari ke-29 dari bulan Islam untuk menentukan apakah hari berikutnya sudah terjadi pergantian bulan atau belum. Hilal juga merupakan bagian dari fase - fase bulan.

Penentuan Hilal Syawal

Penentuan hilal bulan Syawal merupakan suatu aktivitas penting yang dilakukan oleh lembaga atau ormas-ormas untuk menentukan hari terakhir di bulan suci Ramadhan. Penentuan hilal biasa dilakukan dengan sidang isbat. Penentuan hilal akan menentukan umat Islam untuk merayakan hari Raya Idul Fitri atau berakhirnya ibadah puasa.

Metode Hilal

Penentuan hilal biasa dilakukan dengan dua cara yaitu :
  1. Metode Rukhyah atau biasa juga disebut metode pemandangan dengan indra pengelihatan mata.
  2. Metode Hisab yaitu metode perhitungan dengan menggunakan sistem perhitungan matematik astronomi yang biasanya dilakukan oleh aliran Muhammadiyah.

Hilal memang tidak bisa dilihat sama di semua tempat di Bumi. Hilal ini memang sulit dilihat karena hilal hanya muncul selama 15 menit saja. Namun bukannya hilang, ketebalan hilal semakin membesar jika terlihat di daerah yang lebih barat.

Pada lebaran tahun ini, Ormas Muhmmadiyah telah menetapkan 17 Juli 2015 sebagai 1 Syawal 1436 H. Namun, ada pula yang menetapkan Idul Fitri 1436 H jatuh pada 18 juli 2015 seperti ormas Persis dan Keraton Yogyakarta Hadiningrat.
Sedangkan pemerintah sendiri melalui Kementerian Agama masih menunggu pemantauan hilal untuk menetapkan 1 Syawal.


Demikian sekilas pengertian tentang hilal semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua sebagai sesama pemeluk agama Islam. Semoga proses pencarian hilal dapat berjalan dengan lancar dan segera menentukan keputusan penetapan 1 Syawal 1436 H. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 H mohon maaf lahir dan batin.

Referensi Saya : Search Google
Kamu sedang membaca artikel tentang Sekilas Pengertian Hilal Silahkan baca artikel Sekilas Pengertian Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sekilas Pengertian Hilal Sebagai sumbernya

0 Response to "Sekilas Pengertian Hilal"

Post a Comment